Minggu, 22 Juni 2014

Tips Untuk Orang Tua Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Rendah Diri



Harga diri sangat dipengaruhi oleh orang-orang penting dalam kehidupan anak-anak. Orang tua, guru atau teman sebaya dapat membuat dampak yang dramatis pada anak tentang dirinya sendiri  dan dapat menentukan bagaimana anak menghargai dirinya sendiri. Ada banyak kesempatan bagi orangtua untuk membantu, dan mengubah perkembangan harga diri seorang anak atau remaja ke arah yang sangat positif.

Apa yang Anda lakukan sebagai orang tua untuk membantu anak Anda agar tidak bergantung pada banyak hal. Usia anak Anda, kepribadiannya, kepribadian Anda, cara Anda mengasuh anak, pengaruh budaya, kondisi ekonomi, dan banyak faktor lainnya yang mempengaruhi untuk meningkatkan harga diri pada anak Anda. Oleh karena itu, cobalah nasihat berikut ini untuk meningkatkan harga diri anak Anda agar dia tidak bergantung pada orang lain. 

• Jadilah contoh yang positif. Cara Anda menangani diri sendiri dan urusan Anda adalah contoh yang paling penting bagi anak Anda. Buatlah yang positif.

• Hati-hati dengan kata-kata Anda. Anak-anak yang sensitif dan mungkin mengambil tindakan ceroboh akan mengikuti semua yang Anda katakan. Jangan mengatakan hal-hal yang tidak berarti.

• Tunjukkan cinta dan kasih sayang untuk anak Anda. Anda tidak harus membuat ego mereka keliru, tapi berikan pujian pada anak Anda sebanyak mungkin.

• Memberikan umpan balik yang akurat dan positif. Hal ini sangat berguna ketika Anda memuji usaha terbaiknya. Hasil memang penting, tetapi proses untuk belajar, kerja keras dan dedikasi lebih penting. Ajarkan anak Anda untuk berusaha sekeras mungkin.

• Membantu mengidentifikasi pola berpikir dan keyakinan negatif. Anak-anak tidak selalu benar tentang evaluasi mereka terhadap diri dan lingkungan mereka. Anda dapat membantu mereka mengidentifikasi keyakinan irasional dan membantu mereka mengganti keyakinan ini dengan pandangan yang realistis.

• Menciptakan lingkungan di rumah yang aman dan penuh kasih. Ini demi kebaikan dirinya sendiri! Memberikan aturan dan batas-batas yang jelas. Memiliki harapan yang realistis. Mendorong perkembangan usia yang relevan. Menawarkan waktu Anda, dan memberikan dukungan dan pengawasan.

• Biarkan anak Anda berpartisipasi dalam kegiatan yang meningkatkan harga diri. Kegiatan ekstra kurikuler, tugas di rumah, dan berbagai bentuk ekspresi diri, seperti mengasah bakat atletik atau seni, dan hobi. Memberikan kesempatan pada mereka untuk menemukan dan mengolah segala bentuk bakatnya. Hal ini sangat baik untuk pengembangan diri yang positif bagi anak Anda.

• Tekankan komunikasi. Dalam banyak kasus, remaja dan orang tua mereka merasa bahwa mereka telah kehilangan satu sama lain, dan dunia yang memisahkan mereka. Jangan biarkan hal ini terjadi. Berkomunikasi secara teratur dan tepat, sesuai dengan perkembangan anak Anda.

• Tunjukkan rasa hormat untuk anak Anda dan identitasnya. Anak Anda bukanlah Anda! Dia mungkin menginginkan hal yang berbeda, atau memiliki prioritas yang berbeda. Juga, pertimbangkan usia sebagai faktor. Jangan memperlakukan Anda berusia 16 tahun seperti anak berusia 10 tahun. Itu menghina dan merendahkan dan akan menciptakan jarak antara Anda.

• Manajemen waktu merupakan keterampilan penting dan sering diremehkan. Anak-anak dan remaja sering tidak mengunakan waktu mereka sebaik mungkin. Bantu mereka untuk membangun keterampilan manajemen waktu yang efektif. (Mungkin bahkan berguna bagi anda, jika Anda juga berjuang untuk itu.)

• Anda bisa kritis, tapi masuk akal dan adil. Bersiaplah untuk menerima pendapat dari anak-anak, terutama dari remaja, yang memiliki pendapat yang sangat konkret tentang dunia. Mereka harus belajar untuk mengekspresikan diri secara tepat tanpa menyakiti orang lain. Sebuah contoh yang bagus untuk mereka adalah cara Anda mengeluarkan kritik Anda. Mengetahui pendapat dan perasaan mereka secara serius.

• Pastikan bahwa anak Anda dapat mengandalkan Anda. Anak-anak cenderung melakukan hal-hal yang mungkin tidak bisa dibanggakan, dan ingin melupakannya 10 tahun kemudian. Anak Anda adalah tanggung jawab Anda, bahkan ketika ia melakukan sesuatu yang bodoh. Anda mungkin tidak senang akan hal itu, tapi Anda harus mendukung dia dan berada di belakangnya.

• Hindari membandingkan anak Anda dengan saudara dan teman sebaya. Setiap anak berbeda dan memiliki kekuatan sendiri.

• Yang paling penting: Anda ada untuk mereka!!

Artikel Terkait

Tips Untuk Orang Tua Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Rendah Diri
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Like This