Rabu, 18 Juni 2014

5 Tips Menjadi Ayah Yang Baik



George Herbert  mengatakan "One father is more than a hundred schoolmasters". Ya, ayah yang hebat dapat mengajari Anda lebih dari semua guru Anda. Dia tidak hanya dapat mengajari anak-anaknya tentang kehidupan, keluarga, pekerjaan, dan uang tetapi juga tentang harga diri, kepercayaan diri, ketekunan, kegagalan, dan kesuksesan. Tugas Anda sebagai seorang ayah tidak pernah berakhir dan selalu ada ruang untuk perbaikan. Saya ingin berbagi 5 tips yang akan membantu Anda menjadi ayah yang mengagumkan!

Jadilah Pelindung
Sebagai seorang ayah, salah satu tanggung jawab utamanya adalah untuk melindungi anak-anaknya. Seorang Ayah tidak hanya harus melakukan yang terbaik untuk memastikan keselamatan mereka, tetapi juga masa depan mereka. Untuk membuktikan Anda seorang ayah yang baik Anda harus memiliki rumah untuk tempat tinggal mereka demi menjaga keselamatan mereka. Mengajari mereka tentang sabuk pengaman setiap kali mereka mengunakan kendaraan bermotor. Selain harus memiliki perlindungan finansial Anda juga harus memiliki perlindungan asuransi perlindungan jiwa, dana darurat, kemauan dan kepercayaan dan lain lain untuk melindungi aset Anda yang pada dasarnya tujuannya untuk melindungi masa depan anak Anda.
Menempatkan kepentingan anak Anda di atas kepentingan Anda
Salah satu hal yang paling sulit untuk dilakukan adalah menempatkan kepentingan anak Anda sebelum kepentingan Anda. Bagi kebanyakan orang tua baru, itu sangat sulit untuk meletakkan segala sesuatu yang mereka menikmati dan cinta sebelumnya menjadi prioritas kedua. Misalnya jika Anda minum atau merokok, maka Anda perlu berhenti karena keduanya tidak baik bagi mereka. Ingat, Anda tidak bisa mengurus mereka jika Anda tidak merawat diri Anda terlebih dahulu (yaitu makan sehat, berolahraga, dll).
Anda tidak perlu mengubah kepribadian Anda seluruhnya ketika Anda menjadi seorang ayah. Setiap orang membutuhkan beberapa waktu untuk menikmati hidupnya dan tidak perlu berbeda untuk menjadi seorang ayah. Jadi memang penting untuk menempatkan kepentingan anak Anda menjadi yang pertama, tetapi Anda  juga bisa memberikan sedikit waktu kepada diri Anda untuk sesekali keluar dengan teman-teman Anda. Dengan mengalokasikan satu hari dalam seminggu untuk melakukan sesuatu yang sehat, seperti bermain golf dengan teman-teman, Anda akan menjalani hidup yang lebih seimbang yang pada akhirnya akan membantu Anda menjadi ayah yang lebih baik.
Habiskan banyak waktu dengan anak anda dan ajarkan mereka semua yang Anda bisa
Dalam rangka untuk mengajar anak-anak Anda, mungkin Anda harus menghabiskan banyak waktu dengan mereka. Jadi, ketika Anda pulang dari bekerja dan merasa lelah, jangan hanya bersantai karena ini adalah satu-satunya waktu yang bisa Anda habiskan bersama anak-anak Anda setelah seharian bekerja. Gunakan waktu luang ini untuk mengetahui apa saja yang mereka lakukan sepanjang hari dan apa yang telah mereka pelajari, dan Anda juga bisa memberitahu mereka apa yang Anda kerjakan seharian ini dan apa yang telah Anda pelajari.
Saya juga sangat menyarankan Anda menggunakan waktu ini untuk mengajari mereka keterampilan hidup yang penting, seperti membaca, menulis, matematika, keuangan, harga diri, kepercayaan diri, kewirausahaan, dll.  Mengubahnya menjadi permainan dan yang lebih penting lagi, membuatnya menyenangkan karena setiap anak ingin bermain dan bersenang-senang.
Jika Anda punya waktu luang di akhir pekan, Anda harus menghabiskan lebih banyak waktu dengan mereka karena pada akhir pekan kebanyakan orang tidak bekerja. Anda bisa melakukan perjalanan keluarga bersama-sama dengan pergi ke taman atau menikmati piknik santai yang bagus di pantai.
Ingat, hal yang paling diinginkan anak-anak dari ayah mereka adalah waktu mereka!
Mencintai Ibu
Hal-hal yang secara tradisional dianggap sebagai "tugas ibu" bukan hanya untuk ibu lagi. Saat ini, ayah juga harus berbagi tanggung jawab seperti memberi makan, mengganti popok, memandikan, bahkan mendongeng untuk anak Anda saat akan tidur malam.
Dengan berbagi tanggung jawab, Anda tidak hanya membantu dan meringan tugas ibu tetapi juga waktu yang tepat untuk menjalin ikatan dengan anak Anda. Anda harus mengambil kesempatan untuk melakukan hal-hal ini karena itu dapat membuat Anda membangun hubungan seumur hidup dengan anak-anak Anda.
Tentu saja, mencintai ibu tidak terbatas hanya dengan mengerjakan tugas-tugas tersebut. Anda juga bisa memberinya pijatan, membantu tugas-tugas rumah yang lain atau mengajak ibu berkencan untuk menunjukkan betapa Anda menghargai semua yang dia lakukan.

Bagaimana Anda memperlakukan ibu mereka tidak hanya mempengaruhi harga diri mereka, tetapi juga bagaimana mereka memperlakukan diri mereka sendiri dan perempuan lain. Dengan pemikiran seperti ini, Anda jangan pernah ribut dengan istri Anda di depan mereka, karena hal ini bisa membuat anak-anak kebingungan. Sebaliknya, jangan segan untuk bersikap baik, menghormati, dan mencintai ibu mereka dan selalu bekerja sebagai sebuah tim.
Kasih sayang
Yang paling penting, ayah harus menunjukkan kasih sayang dan cinta mereka kepada anak-anak tanpa syarat. Anak-anak membutuhkan kontak fisik dari kedua orang tuanya jadi penting untuk Anda berkumpul bersama mereka, memeluk mereka, dan mencintai mereka tanpa syarat.
Seperti kata-kata William Shakespeare ... "seorang ayah yang bijaksana tahu anaknya sendiri . "
Saya yakin dengan mengikuti semua tips di atas, Anda bukan hanya tahu tentang anak-anak Anda tetapi juga menjadi ayah yang hebat secara paralel dan menciptakan banyak kenangan indah yang akan bertahan seumur hidup.


Artikel Terkait

5 Tips Menjadi Ayah Yang Baik
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Like This