Kamis, 19 Juni 2014

Waspadai Lima Kecelakaan Yang Sering Terjadi di Sekitar Rumah



Kecelakaan di sekitar rumah sering terjadi sehari-hari di seluruh dunia. Mengetahui bagaimana cara mencegah semua jenis tragedi tersebut terjadi dapat memberikan keselamatan kepada orang yang kita cintai. Namun, kebanyakan keluarga tidak berpikir tentang cara mencegah kecelakaan tersebut sampai hal tersebut benar-benar terjadi. Lima kecelakaan fatal yang sering terjadi di sekitar rumah yaitu kebakaran, keracunan, jatuh, sesak napas atau tersedak, dan tenggelam. Kita ingin rumah kita menjadi, "home sweet home," namun setelah kecelakaan terjadi di sekitar rumah kita menyebabkan penderitaan dan siksaan bagi mereka yang terlibat baik langsung atau tidak langsung. Hal ini sangat sensitif, orang-orang yang tinggal dirumah akan terus merasa bersalah karena menjadi penyebab kecelakaan yang mengakibatkan salah satu anggota keluarga kita meninggal. Bagaimanapun ada ribuan kematian akibat kecelakaan fatal yang terjadi di rumah setiap tahunnya dan ratusan ribu orang terluka setiap tahunnya.
Terjatuh adalah penyebab utama kecelakaan di rumah. Lebih dari sepertiga dari semua kematian di akibatkan karena cedera saat terjatuh. Baik itu terpeleset di lantai basah atau jatuh dari tangga. Pencegahan dapat dilakukan ketika orang tahu apa yang perlu dipersiapkan sebelum ada yang terluka. Adapun lantai yang licin, sebaiknya Anda memberi tahu orang-orang yang ada di rumah kalau Anda sedang mengepel dan sesegera mungkin membuat lantai kering kembali. Jika Anda mengerjakan pekerjaan rumah yang menggunakan tangga sebaiknya jangan bekerja sendiri tapi mintalah bantuan orang lain untuk memegang tangga demi keselamatan Anda.  
Banyak orang tewas akibat keracunan setiap tahunnya, dan anak di bawah usia enam tahun berada pada risiko terbesar. Banyak rumah yang tidak menyimpan bahan kimia di rumah dengan aman. Meskipun, sebagian besar keracunan terjadi saat menggunakan produk, tetapi anak-anak tidak boleh dibiarkan sendirian di tempat penyimpanan bahan kimia tersebut.
Api adalah penyebab utama ketiga kematian karena kecelakaan di sekitar rumah. Dapur adalah ruangan di rumah yang sering terjadi kebakaran, yang disebabkan karena peralatan listrik dan memasak, termasuk peralatan pemanas, korek api, dan merokok. Siapkan dan periksa selalu alarm kebakaran di dalam rumah secara rutin dan juga siapkan racun api di dalam rumah.
Tersedak atau sesak napas adalah penyebab kematian yang berhubungan dengan makanan atau benda. Ada juga beberapa risiko lain yang bisa terjadi di dalam rumah yang mengancam keselamatan bayi dan balita. Selalu awasi anak-anak dan cari tahu apa yang mereka gunakan untuk bermain, jauhkan kantung plastik dari mereka dan selalu mengikat kantong sebelum di buang. Pastikan untuk mengawasi mereka saat bermain dengan tali panjang, kalung, ikat kepala atau tali telepon karena mereka bisa saja melilitkannya ke leher mereka.
Tenggelam dapat terjadi lebih cepat dari yang kita pikirkan. Jangan pernah meninggalkan anak-anak tanpa pengawasan, baik di tempat pengapungan, di sekitar kolam, bak mandi, spa, atau tempat lainnya yang dapat mengakibatkan tenggelam. Seorang anak bisa tenggelam dalam sedikit atau banyak air dengan cepat dan tanpa suara..
Rasa bersalah, frustrasi, kesedihan, dan siksaan yang datang akibat kecelakaan yang terjadi di sekitar rumah akan mengubah hidup Anda dan dapat menyebabkan depresi, paranoid, dan berbagai penyakit lainnya. Dengan pencegahan yang tepat di rumah, kecelakaan dapat berkurang dan dapat dicegah. Mencegah dan mengetahui semua bahaya di sekitar rumah sangat penting untuk keselamatan dan lingkungan aman setiap hari.

Artikel Terkait

Waspadai Lima Kecelakaan Yang Sering Terjadi di Sekitar Rumah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Like This