Kamis, 12 Juni 2014

6 Hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Mengusir kesepian



Pada suatu waktu pasti kita pernah  merasa kesepian dan ini adalah bagian alami dari kehidupan. Kesepian bisa sangat dirasakan ketika seseorang terpisah dari orang yang dicintai oleh jarak, perceraian, atau kematian. Kesepian juga dapat disebabkan oleh perasaan terisolasi, kurangnya komunikasi dengan orang lain, kecanggungan bersosialisasi, kehilangan pekerjaan, atau penolakan dalam hubungan.

Sesekali kesepian ada baiknya, memungkinkan kita untuk melihat ke dalam diri kita, merenung, intropeksi diri dalam kehidupan, menyelesaikan masalah dan hanya menginvestasikan waktu untuk mengenal diri kita sendiri. Ketika kesepian menjadi berkepanjangan, bagaimanapun, dapat menyebabkan perasaan sedih yang mendalam, kehilangan harapan dan bahkan pikiran untuk bunuh diri.

Bagaimana kita bisa belajar untuk mengatasi kesepian, terlepas dari apapun penyebabnya? Berikut adalah 6 hal yang bisa dilakukan:

1. Membedakan antara kesendirian dan kesepian
Adakah perbedaan antara kesendirian dan kesepian? tentu saja. Banyak orang yang saat ini menikah tetapi merasakan 'kesepian'  dalam hubungan mereka bahkan ketika duduk di samping orang yang mereka cintai.

Bersama tidak selalu dapat menghilangkan kesepian dan sendiri tidak berarti bahwa kita kesepian. Pada kenyataannya, banyak orang yang merasa  bahagia, karena mereka dapat menyeimbang emosional mereka dengan menghabiskan beberapa waktu sendirian seperti  membaca, bermeditasi dan berolahraga.

Kita perlu mengklarifikasi apakah kita hanya sendirian atau merasa kesepian. Setelah kita mengidentifikasi penyebab perasaan kita, kita dapat secara proaktif mengatasinya. Jika kita mengalami kesulitan yang berat, maka mungkin bijaksana untuk meminta bantuan seorang konselor atau terapis berpengalaman.

2. Fokus pada kebahagiaan
Tingkat kebahagiaan terletak di tangan Anda. Jika Anda merasa tidak bahagia, Anda harus mengambil tindakan proaktif untuk memperbaiki keadaan ini menjadi lebih bahagia. Fokus pada hal positif dan kegiatan yang menyenangkan. Menghabiskan waktu dengan teman dan keluarga.

Memperbanyak teman-teman dengan bergabung dan berpartisipasi dalam kelompok-kelompok sosial baru. Mengikuti berbagai kursus, kegiatan kerohanian atau pusat komunitas lokal. Luangkan sedikit waktu untuk berpartisipasi dalam hobi atau kegiatan yang benar-benar Anda inginkan. Dengarkan musik favorit Anda suara yang kita sukai dapat langsung mempengaruhi suasana hati kita dan keadaan emosional.

Fokuslah pada hal-hal yang membuat Anda bahagia, bukan pada hal-hal, orang-orang dan tempat-tempat yang tidak Anda sukai. Selalu ingat bahwa Anda yang benar-benar dapat mengontrol tingkat kebahagiaan Anda sendiri.

3. Selalu bersyukur
Apakah Anda bersyukur untuk hal-hal yang Anda miliki dan orang-orang yang ada dalam kehidupan Anda? Luangkan waktu beberapa saat setiap hari untuk fokus pada rasa syukur. Apa yang Anda syukuri hari ini? Tulislah setidaknya satu hal setiap hari dalam sebuah buku catatan atau jurnal. Dengan fokus pada apa yang Anda syukuri, Anda tidak akan peduli pada hal-hal yang membuat hidup Anda tidak bahagia.

4. Carilah kelas latihan yang Anda sukai
Bergabung di gym atau kelas latihan. Latihan tidak hanya meningkatkan kesehatan fisik kita, tetapi kesehatan mental dan emosional kita juga. Endorfin yang dilepaskan selama aktivitas fisik telah terbukti dapat meningkatkan suasana hati kita dan pikiran kita secara keseluruhan.

Mencari dan bergabung dengan kelompok orang-orang yang berpikiran sama. Dalam hampir setiap kota, Anda akan menemukan kelompok-kelompok individu yang terorganisir yang bertemu untuk berbagi minat, hobi dan kegiatan. Apakah Anda menyukai komik, buku, video game, seni, kerajinan, koleksi atau olahraga, Anda dapat menemukan komunitas lain di sekitar rumah Anda dan bergabung dengan mereka untuk berbagi kepentingan-kepentingan yang sama.

Jika Anda tinggal di pedesaan, Anda bisa terhubung secara online dan bergabung dengan kelompok diskusi dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan Anda. Anda juga dapat bergabung dengan komunitas keagamaan dan berpartisipasi dalam kegiatan keagamaan local seperti remaja masjid, karang taruna dan organisasi keagamaan lainnya.

5. Membantu Sesama
Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mengusir kesepian. Berpartisipasi secara sukarela dengan organisasi yang penting bagi Anda. Membantu dan mendukung orang lain membuat kita merasa berguna dan dibutuhkan.Anda bahkan mungkin menemukan jati diri Anda dan menjalin hubungan seumur hidup melalui partisipasi Anda dalam grup atau organisasi yang Anda pilih.

6. Hewan atau tanaman
Hewan dan tanaman membawa kenikmatan tersendiri dalam kehidupan pemiliknya. Jika Anda suka berada di luar ruangan Anda dapat mengolah sayuran atau taman buah, atau merawat tanaman yang sulit misalnya anggrek.

Fokus pada belajar tentang dan memelihara sesuatu selain diri sendiri, dan menikmati hasil kerja Anda dengan melihat mereka tumbuh dan berkembang. Bergabunglah juga dengan orang-orang yang juga berbagi minat dengan Anda.

Jika Anda memiliki fasilitas dan merasa siap untuk merawat hewan, pertimbangkanlah untuk merawat kucing atau anjing atau hewan peliharaan lainnya. Hewan dapat membawa rasa kepuasan dalam hidup seseorang dan memberikan persahabatan yang indah juga.

Apakah perasaan kesepian Anda baru atau lama, Anda memiliki kekuatan untuk melakukan perubahan dalam hidup Anda. Dengan sedikit keberanian dan fokus, Anda dapat mengambil kembali kendali hidup Anda dan mengurangi perasaan kesepian.

Artikel Terkait

6 Hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Mengusir kesepian
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar:

Like This