Minggu, 15 Juni 2014

5 Cara Memperbaiki Masalah Dalam Pernikahan



Menikah itu mudah tetapi bahagia dalam menjalani pernikahan itu sulit. Statistik menunjukkan bahwa hampir setengah orang-orang yang menikah akan mengalami perpisahan atau perceraian dalam waktu lima tahun atau kurang. Seperti diungkap Dr. Sudibyo Alimoeso MA, Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN dalam acara bertema “Seminar Membangun Ketahanan Keluarga di Tengah Krisis dan Tingginya Gugat Cerai” di Auditorium Kantor BKKBN, Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Senin (23/12/2013) Angka Perceraian di Indonesia Tertinggi di Asia Pasifik . Salah satu alasan utama hal ini terjadi karena pasangan yang menikah memutuskan untuk menghindari menjalankan pernikahan yang sakral dan hakiki dan mereka hanya menjalankan pernikahan dengan prinsip hidup bersama. Tapi, jika hubungan Anda dengan suami atau istri Anda mencapai masa sulit ada cara untuk memperbaiki pernikahan Anda.

Semua pasangan yang menikah mengharapkan agar pernikahan mereka bahagia dan menjalani rumah tangga yang indah dengan keluarga mereka dan tidak pernah berpikir bahwa mereka akan mengalami perceraian. Pernikahan yang indah dan harmonis bisa terjadi pada sebagian orang  tapi sebagian yang lainnya menemukan bahwa kehidupan mereka tidak begitu sempurna setelah menikah.

Pernikahan yang paling sukses memiliki beberapa komponen kunci. Berikut adalah 5 cara sederhana untuk memperbaiki pernikahan Anda.

1. Berkomitmen.
Baik Anda dan pasangan harus berkomitmen untuk bekerjasama memperbaiki pernikahan Anda. Komitmen terdengar sangat menakutkan dan banyak orang yang tidak mau menjalankan komitmen secara serius. Tapi, jika pernikahan Anda ingin berhasil, Anda berdua harus berkomitmen dengan nilai-nilai dan tujuan yang sama.

2. Berkomunikasi.
Anda tidak akan dapat memperbaiki pernikahan Anda jika tidak ada komunikasi antara Anda dan pasangan. Hal ini lebih dari sekedar membahas apa yang telah terjadi sepanjang hari di rumah dan tempat kerja, tetapi juga membahas tentang apa yang Anda rasakan dan pikirkan. Hal ini mungkin sulit dilakukan pada awalnya, tetapi sangat penting bagi Anda berdua. Karena hal ini dapat menjadi solusi dari pernikahan Anda. 

3. Memenuhi kebutuhan pasangan Anda.
Berjuang untuk memenuhi kebutuhan masing-masing pasangan baik kebutuhan emosional dan fisik adalah salah satu cara untuk memperbaiki pernikahan Anda. Anda harus mau mengurus satu sama lain dalam segala hal. Ini harus menjadi kesenangan dan bukan tugas. Perlakukan pasangan Anda sebagai teman serta kekasih dan pemberi nafkah. Menghargai, mengagumi dan menghormati satu sama lain dan menghilangkan perbedaan.

4. Memiliki tujuan bersama.
Jaga keseimbangan yang baik antara waktu luang, pekerjaan dan kebahagiaan. Rancang kesepakatan dan tujuan untuk dilakukan bersama.Buat impian bersama dan bekerja sama untuk membuat impian-impian tersebut menjadi kenyataan. Membuat keputusan bersama, menghormati pendapat masing-masing dan meminta pasangan Anda untuk membantu membimbing Anda.

5. Lakukan hal yang menyenangkan bersama.
Salah satu cara terbaik untuk memperbaiki pernikahan Anda adalah Anda dan pasangan Anda melakukan kegiatan bersenang-senang bersama lagi. Semua pernikahan menghadapi masalah dan kemunduran pada satu waktu dan rasa humor adalah suatu keharusan jika Anda ingin mendapatkan kebahagian bersama pasangan. Pernikahan yang baik ibarat bahan yang baik dari resep masakan yang baik. Setelah Anda menemukan kebahagian bersama tidak ada lagi yang lebih baik dari itu.

Artikel Terkait

5 Cara Memperbaiki Masalah Dalam Pernikahan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Like This