Rabu, 11 Juni 2014

Tips Merawat Bayi Untuk Ibu Baru



Tips untuk merawat bayi sangat membantu untuk setiap ibu baru setelah mereka akhirnya bertemu bayi kecil yang telah menendang serta menggeliat di dalam tubuh mereka. Merawat bayi baru lahir membutuhkan perhatian yang lebih besar terutama jika bayi baru saja dibawa dari rumah sakit. Jika Anda adalah seorang ibu baru, anda akan merasakan bahwa bayi akan sangat bergantung pada Anda untuk semua kebutuhannya, mulai dari pemberian ASI sampai mengganti popok dan ini mungkin sedikit menakutkan ibu baru.

Tips berikut akan membantu Anda merawat bayi:

Memberi makanan bayi
Saat memberi makan bayi, Anda perlu memastikan bahwa bayi Anda akan makan setidaknya tiga kali sehari. Jika Anda tidak merawat bayi ketika lapar, ia akan menangis dan rewel lalu sebagian besar waktu anda akan tersita dan mungkin akan membuat Anda merasa kesal. Karena bayi belum bias makan makanan biasa, maka Anda perlu memberikan  makanan ASI atau susu formula. Dan penting untuk mendapatkan tips makanan apa yang tepat untuk bayi Anda dari dokter Anda. Ketika bayi menyusu dengan baik, perkembangannya pun akan baik, bayi akan buang air sekitar 4 sampai 6 kali sehari dan berat badannya bertambah.

Tempat tidur khusus untuk bayi
Anda perlu memiliki tempat tidur khusus untuk bayi, untuk bayi bersantai dan tidur. Membiarkan bayi tidur di tempat tidur Anda tidak dianjurkan karena dapat meningkatkan kemungkinan Sudden Infant Death Syndrome (SIDS). Bayi yang baru lahir bisa tidur sampai delapan belas jam setiap hari dan biasanya tidak ada pola tidur nya. Ketika bayi berumur sekitar enam minggu, waktu tidur bayi akan mulai berkurang. Setelah menyusu, bayi  biasanya akan mengantuk sehingga Anda harus mengistirahatkannya di tempat tidurnya sendiri.

Produk perawatan kulit untuk bayi
Merawat kulit bayi sangat penting. Kulit bayi yang baru lahir biasanya begitu lembut dan halus, sehingga tidak dianjurkan untuk menggunakan produk perawatan kulit yang bisa mengeringkan kulit atau menyebabkan ruam, misalnya salep dan krim. Anda malah harus menggunakan lotion, bedak dan produk perawatan kulit lainnya yang secara khusus dirancang untuk bayi. Ketika Anda melihat ruam keluar dari kulit bayi Anda, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis. 

Memandikan bayi
Anda perlu memandikan bayi yang baru lahir sekali atau dua kali setiap hari agar tetap bersih dan sehat. Saat memandikan bayi, Anda harus meletakkan handuk di bagian bawah cekungan atau wastafel dapur untuk mencegah tergelincir. Cekungan atau wastafel dapur harus diisi dengan sekitar dua sampai tiga inci air suam-suam kuku. Pastikan bahwa Anda memandikan bayi dengan sabun yang tidak berbahaya untuk kulitnya.

Jika Anda adalah seorang ibu baru dan Anda mengikuti tips ini untuk merawat bayi, Anda akan segera menikmati senyum pertama bayi Anda. Tips ini juga akan membantu Anda mempermudah  merawat bayi yang baru lahir.

Artikel Terkait

Tips Merawat Bayi Untuk Ibu Baru
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Like This