Selasa, 10 Juni 2014

Tips Mempersiapkan Anak Menjadi Seorang Pemimpin



Tugas semua orang tua adalah untuk menyiapkan anak menjadi makhluk mandiri yang dapat berfungsi sendiri. Tetapi dalam beberapa tahun terakhir, kecenderungan memanjakan dan “overprotecting” terhadap anak telah berlebihan. Orang tua menjadi sangat lengket dengan anaknya sehingga anak tidak mandiri dan tidak bisa berkreasi sendiri.
Barbara Littman menyatakan dalam bukunya, , Everyday Ways to Raise Smart, Strong, Confident Girls' "anak-anak baik di sekolah atau di rumah, sebagian besar tumbuh dewasa dengan cara meniru daripada membuat kreasi sendiri. " Hasilnya adalah bahwa anak-anak memiliki sedikit pengalaman dalam pengambilan keputusan. Ketika mereka harus mengambil inisiatif sendiri, banyak anak-anak tidak tahu apa yang harus dilakukan.
Jadi orang tua harus mencoba untuk menemukan lebih banyak cara agar anak kreatif dan tidak pasif serta terlibat aktif dalam kreasi mereka sendiri. Berikut beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan agar anak kreatif:
1. Berikan anak-anak kesempatan untuk mencari solusi sendiri
Orang tua jadi terbiasa menjadi tempat penyelesaian masalah. Orang tua sering mendikte anak-anak mereka untuk mengikuti solusi yang mereka berikan dalam situasi apapun. Ketika masalah muncul dengan sendirinya, membiasakan bertanya kepada anak apa yang mereka pikir harus mereka lakukan untuk menyelesaikan masalah bukan langsung memberi mereka solusi dan mendikte mereka. Anda masih bisa membimbing mereka untuk mencari jawaban yang benar, tapi mereka harus terbiasa kreatif dan menyelesaikan masalah dengan solusi mereka sendiri.
2. Libatkan anak-anak Anda dalam perencanaan
Cobalah untuk melibatkan anak-anak dalam perencanaan fungsi keluarga bila memungkinkan. Beri mereka pekerjaan meneliti tempat liburan potensial pada liburan akhir pekan. Atau biarkan mereka memilih makanan mereka untuk satu minggu ke depan, libatkan mereka mulai dari perencanaan, mempersiapkan barang-barang, membeli barang apa saja yang diperlukan dan lain-lain.
3. Memfasilitasi kepemimpinan anak Anda
Buatlah upaya teliti untuk mengikuti langkah mereka lebih sering. Anak-anak sangat imajinatif dan sering punya banyak "ide-ide gila". Kapan terakhir kali Anda membantu mereka mengembangkan salah satu rencana ini, bahkan jika itu agak kekanak-kanakan atau bodoh? Cobalah lakukan sekali, dan saya jamin bahwa Anda akan memiliki anak yang mulai aktif membayangkan segala macam cara mereka untuk bisa mengubah dunia. Anda tidak hanya akan menikmati mereka melakukan pembalikan peran, tetapi harus membantu mereka mengembangkan rasa kompetensi yang akan terbawa ke dalam kehidupan sehari-hari.

Artikel Terkait

Tips Mempersiapkan Anak Menjadi Seorang Pemimpin
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Like This