Sabtu, 21 Juni 2014

Cara Mendidik Anak Remaja



Apakah Anda mengalami masalah dengan anak remaja Anda? Apakah Anda benar-benar memahami perasaan mereka? Apakah Anda benar-benar tepat setiap kali Anda memarahi mereka? Mengapa remaja suka memberontak kepada orang tua mereka? Mengapa mereka terlibat dalam narkoba dan alkohol? Bagaimana Anda dapat membantu mereka? Ada begitu banyak kegelisahan yang sering di alami remaja. Saya akan membantu Anda memahami anak remaja Anda. Saya akan membahas beberapa poin yang akan membantu Anda.

Setiap generasi menunjukkan perilaku yang berbeda karena perubahan lingkungan dan juga karena kemajuan teknologi. Dunia mempengaruhi remaja dengan banyak cara seperti teknologi, media, obat-obatan, alkohol, agama dan rekan-rekan adalah beberapa alasan yang mempengaruhi pertumbuhan, kepribadian dan karakter remaja.

Kebanyakan orang tua saat ini mengalami kesulitan dalam memahami anak remaja mereka. Mereka cenderung membandingkan remaja sekarang dengan remaja pada jaman mereka dulu. Orang tua harus menghindari hal ini karena itu bertolak belakang 180 derajat. Orang tua juga harus menghindari kata  "ketika saya masih seusia kamu"  karena itu adalah komunikasi yang buruk dan membuat anak remaja Anda menjadi down. 

Pertama mari kita berbicara tentang mengapa tingkah laku remaja sering membuat orangtua sakit kepala. 

Biasanya, masalah remaja melibatkan fisik dan emosional. Ketika kita berbicara tentang masalah fisik, ini termasuk berat badan, tinggi badan, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan fisik yang dapat membangun rasa tidak aman terhadap orang lain. Sebagai contoh  obesitas, ini menurunkan harga diri seorang remaja yang mengarah ke depresi. Sedikit saja masalah terjadi bisa berkembang secara drastis menjadi masalah yang besar dan bisa menjadi alasan mengapa remaja menjadi masalah bagi orang tua mereka.

Kelalaian dan sikap pilih kasih. Ini adalah salah satu alasan utama pemberontakan remaja kepada orangtuanya yang tidak di sadari oleh orangtua. Orang tua harus belajar dan berlatih bagaimana membagi waktu mereka dan bersikap adil terhadap setiap anak. Seorang anak (apakah seorang remaja atau tidak) hanya ingin perhatian dari Anda dan mereka mau dihargai.

Trauma. Studi menunjukkan remaja yang mengalami intimidasi selama masa kanak-kanak mereka memiliki risiko lebih tinggi untuk menjadi remaja yang menyendiri dan memiliki emosi yang tidak stabil bahkan dalam masalah-masalah kecil. Orang tua harus ada dan menyadari apa yang terjadi di sekolah dan di masyarakat. 

Teman sebaya, mereka adalah salah satu orang paling berpengaruh pada anak remaja Anda. Pada usia remaja, mereka tampaknya kurang berkomunikasi dan tidak mempercayai rahasia mereka kepada orang tua mereka, dan sebagainya. Mereka sering memberitahu teman-teman mereka  dan meminta ide untuk menyelesaikan masalah dari teman-teman sebayanya dan terkadang teman-teman memberikan solusi yang salah. Adalah tugas Anda sebagai orang tua untuk mengatur pergaulan sosial anak-anak Anda untuk memastikan bahwa teman-teman mereka di sekitar mereka adalah orang-orang yang Anda kenal dan setujui untuk menjadi teman anak remaja Anda.

Masyarakat. Tentu saja, jika Anda tinggal di tempat di mana ada banyak pengaruh negatif, kemungkinan remaja Anda menemukan teman-teman di lingkungan itu dan terlibat dalam perilaku negatif.

Kita harus fokus pada  tiga hal yaitu orang tua, teman sebaya, dan pengalaman masa kecil mereka. Anda harus tahu kapan remaja Anda membutuhkan Anda. Anda seharusnya ada tidak hanya selama hari-hari bahagia mereka, pastikan bahwa Anda juga ada di saat tergelap mereka.

Berikut adalah beberapa tips tentang cara membuat anak remaja Anda bertanggung jawab:

Pastikan komunikasi terbuka antara Anda dan anak remaja Anda. Sangat baik untuk selalu mendengar cerita-cerita mereka dan pengalaman menyenangkan. Tetapi jika mereka diam, jangan ragu untuk bertanya kepada mereka. Kadang-kadang, remaja lebih suka orang tua bertanya daripada mereka bercerita, karena akan menunjukkan perhatian dan kepedulian Anda kepada mereka.
Mungkin juga mereka menunggu waktu yang tepat untuk berbicara dengan Anda. Salah satu tempat paling mudah untuk berbicara adalah selama waktu makan atau pada perjalanan panjang.

Dengarkan, jika anak-anak Anda memang membuat kesalahan, jangan memarahi dan berteriak pada mereka. Jika mereka memiliki rasa takut untuk mengatakan yang sebenarnya, mereka akan menyembunyikan segala sesuatu dari Anda.

Menciptakan saat-saat bahagia dan pengalaman bersama-sama. Anda harus membangun sebuah rasa cinta dengan anak remaja Anda sehingga mereka bisa bercerita tentang masa-masa remaja mereka kepada Anda tanpa canggung. 

Menghargai setiap perbuatan baik yang dia lakukan. Tidak peduli apakah itu hal-hal besar atau kecil.
Waktu, orang tua harus memberikan waktu untuk keluarga mereka. Kehadiran Anda sudah cukup untuk anak remaja Anda menyimpulkan bahwa Anda selalu ada untuk mendukung dan mendengarkan mereka.

Agama, ketika Anda mengajari anak-anak Anda tentang agama, iman dan taqwa, maka mereka akan tumbuh menjadi remaja yang dekat Tuhan nya. 

Sedini mungkin, mengajarkan anak-anak Anda nilai keluarga sehingga mereka tidak akan mencari perhatian dan cinta dari orang lain yang berada di luar untuk mengambil keuntungan dari mereka. Dan terakhir, membanjiri mereka dengan cinta, perawatan, dan dukungan.


Artikel Terkait

Cara Mendidik Anak Remaja
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Like This