Kamis, 26 Juni 2014

Tips Menjadi Kakek dan Nenek Yang Baik



“Saya suka peran saya sebagai seorang nenek. Aku sudah menjadi kakek kebanggaan selama 6 tahun, dan saya melihat peran saya tidak berbeda dengan putri saya dalam mendidik anak-anak mereka”, itulah sepenggal ucapan bahagia dari seorang nenk dan kakek. Kita semua menginginkan yang terbaik untuk anak-anak, dan kita masing-masing memiliki peran yang unik dalam kehidupan mereka. 
Menurut pendapat saya, kakek-nenek adalah influencer utama dalam kehidupan cucu mereka. Kakek dan nenek memiliki kewajiban untuk memastikan anak cucu sehat, cukup gizi, pakaian, pendidikan, menyiapkan rumah untuk mereka, dan menikmati hidup. Sangat penting untuk mereka tahu bahwa kakek dan nenek akan selalu menjaga mereka seperti ibu dan ayah menjaga mereka. Penting juga untuk menciptakan kenangan mereka terhadap kakek dan nenek dan menghabiskan waktu kita bersama mereka dengan rasa aman.
Ini adalah hubungan khusus, yang agak berbeda dari cara kita membesarkan putra dan putri kita. Kakek dan nenek memiliki pengalaman lebih di bidang parenting, mengetahui sejarah keluarga dan sering kali memiliki keuangan yang lebih baik di banding ketika kita membesarkan anak-anak kita. 
Berikut adalah beberapa tips untuk membangun hubungan baik dengan cucu-cucu Anda:
·         Cucu-cucu perlu memahami peran orang dewasa dalam hidup mereka, dan melihat bahwa Anda berada diposisi yang sama seperti ibu dan ayah.
·         Membangun tradisi dengan cucu-cucu Anda.
·         Menciptakan kenangan yang indah dengan nenek dan kakek. Seperti membuat pancake khusus dan wafel untuk sarapan mereka ketika mereka mengunjungi Anda. 
·         Terlibat di sekolah dan kegiatan sekolah mereka jika memungkinkan. Kakek dan nenek berusaha untuk bertemu dengan guru, menghadiri acara sekolah dan olahraga. Kakek dan nenek  ingin tahu siapa yang bertanggung jawab untuk pendidikan mereka, siapa yang menyediakan perawatan cucu mereka dan lain sebagainya.
·         Ajarkan cucu-cucu Anda mengenai waktu tidur, waktu mandi, sopan santun dan disiplin ketika mereka mengunjungi Anda. 
·         Jadilah kreatif dan memberitahu mereka cerita tentang pendidikan atau orang tua mereka.
·         Menjadi sejarahwan keluarga. Bicara tentang anggota keluarga yang lain dan kenangan Anda tentang mereka.
·         Mengajari keterampilan tangan Anda. Anak-anak senang membuat hal-hal untuk orang tua dan kakek-nenek mereka.
·         Mengajak cucu Anda berjalan-jalan atau menghabiskan beberapa hari di pantai. Mereka akan ingat selamanya.

Artikel Terkait

Tips Menjadi Kakek dan Nenek Yang Baik
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Like This