Minggu, 29 Juni 2014

Alat Permainan Untuk Membantu Anak Belajar Efektif



Berbagai kegiatan pendidikan tersedia untuk anak-anak dari segala usia untuk membantu proses pembelajaran mereka. Sebagian besar mainan lebih efektif dirancang untuk fokus pada bidang pelajaran tertentu yang mampu memicu minat anak. Berikut adalah beberapa pilihan alat permainan yang paling efektif untuk mendorong anak-anak kecil untuk belajar di rumah:
Buku
Salah satu pilihan yang paling tepat untuk membantu anak-anak berlatih keterampilan membaca dan menulis adalah sebuah buku. Buku dapat membantu di semua tingkat keahlian mulai dari pra sekolah sampai ke sekolah tinggi. Sebuah buku dapat menarik anak – anak untuk belajar dengan kata-kata dan gambar yang ada di dalamnya dan juga membantu merangsang indera. Buku dapat membantu dalam semua mata pelajaran (menulis, membaca, matematika, dll). Banyak dari buku-buku ini dapat menampilkan kegiatan praktis untuk membuat proses belajar yang jauh lebih asyik dan menarik. Fitur lain dari buku-buku dapat mencakup suara untuk berinteraksi dengan cara tertentu.
Komputer
Komputer atau laptop dapat membantu anak-anak belajar melalui game-game tertentu. Permainan yang mengunakan kata-kata, suara, atau gambar, dapat membantu proses pembelajaran yang jauh lebih menyenangkan dan menarik. Laptop atau game online menawarkan teknik pengajaran dasar yang canggih. Mereka dapat memiliki kegiatan yang ditujukan untuk pembelajaran tertentu, seperti gangguan nonverbal, visual dan pendengaran, dyscalculia, dan disleksia.
Permainan kartu dan papan
Berbagai macam kartu dan permainan papan untuk anak-anak dapat dengan mudah diadaptasi untuk membantu anak belajar. Permainan fisik untuk membantu anak belajar dasar-dasar menghitung dan penomoran. Manfaat permainan kartu dan papan juga mencakup belajar tentang huruf dan ejaan. Permainan kartu atau papan bisa membantu anak-anak dari segala usia yang membutuhkan kegiatan ekstra.
Mainan kayu
Kegiatan lain untuk membantu anak belajar dan meningkatkan harga diri mereka adalah  mainan kayu. Blok bangunan yang mirip dengan berbagai bentuk, ukuran, dan warna tertentu untuk membantu dalam merangsang indera dan mengajarkan mereka warna dan menghitung. Banyak mainan kayu yang dapat membantu anak belajar berpikir logis karena proses pencocokan bentuk dan menempatkan blok bersama-sama.







Artikel Terkait

Alat Permainan Untuk Membantu Anak Belajar Efektif
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Peluang Bisnis Online

Like This