Kamis, 04 Februari 2016

Tips Menjaga Motivasi Agar Tetap Tinggi


Kadang-kadang motivasi tidak bisa didapatkan setiap hari. Itu adalah situasi yang sangat normal, kadang-kadang semua orang merasa seperti itu.
"Kemampuan adalah apa yang mampu Anda lakukan. Motivasi menentukan apa yang Anda lakukan. Sikap menentukan seberapa baik Anda melakukannya." Lou Holtz.
Berikut adalah tiga hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga motivasi, bahkan ketika Anda tidak bersemangat disuatu hari.
1. Tetapkan tujuan
Tujuan adalah cara yang bagus untuk menjaga diri termotivasi.
Jika Anda memiliki tujuan untuk bertemu, dan Anda serius memenuhi dan melakukan tujuan tersebut maka Anda memiliki peta jalan untuk sukses, dan yang membuatnya lebih mudah untuk tetap di trek.
Jika Anda tidak memiliki tujuan, maka itu akan membuat Anda menjadi santai dan malas. Sukses memerlukan upaya yang konsisten, dan jika Anda mengendur sekali saja karena kurangnya motivasi, itu akan membuat produktivitas Anda menurun.
2. Buat file motivasi
Buatlah kata-kata motivasi sendiri yang sesuai untuk Anda pribadi karena kita semua membutuhkan motivasi yang berbeda – beda.  Letakkan kata-kata motivasi tersebut di tempat yang mudah di lihat atau melihatnya pada komputer Anda ketika Anda membutuhkan sedikit dorongan. Anda bahkan dapat menggunakannya secara teratur untuk mengingatkan diri sendiri mengapa Anda ingin sukses.
Jika Anda sedang menabung untuk membeli sesuatu yang khusus untuk diri sendiri (mobil, motor atau bahkan rumah) Anda bisa menyimpan gambar-gambar tersebut sebagai motivasi.
Anda bisa menyimpan kartu / email / surat yang memuji kinerja Anda / keberhasilan Anda sebagai pengingat bagaimana rasanya menikmati keberhasilan.
Anda bisa menyimpan kutipan - kutipan, perkataan, gambar motivasi orang lain yang Anda temukan memotivasi diri Anda sendiri.
Anda bisa menyimpan rekaman pembicara motivasi yang Anda lihat
 Anda bisa menyimpan foto keluarga Anda sebagai motivasi untuk melakukan pekerjaan yang baik.
3. Gunakan teknik manajemen waktu yang baik
Teknik manajemen waktu yang baik akan membantu produktivitas Anda dalam keadaan normal dan ketika Anda memiliki energi yang rendah atau motivasi yang rendah pada suatu hari maka Anda dapat menggunakan "managemen waktu" untuk menjaga produktivitas Anda tetap tinggi.
Memiliki "To Do" daftar dengan prioritas dan tenggat waktu.
Mengisi kalender dengan jadwal dan kegiatan yang sudah di tentukan untuk beberapa hari kedepan.
Rencanakan hari-hari Anda, minggu Anda dan bulan Anda. Karena jika Anda memiliki rencana maka Anda lebih mungkin untuk menjalankan rencana tersebut.
Mengembangkan kebiasaan baik yang memaksimalkan produktivitas Anda.
"Motivation is the fuel, necessary to keep the human engine running." Zig Ziglar
Kita bertanggung jawab untuk  memotivasi diri kita sendiri, jika kita mengunakan strategi dan kebiasaan yang baik untuk membuat kita termotivasi maka kita akan lebih sukses.
Jika kita mengandalkan orang lain untuk memotivasi kita maka kita akan merasa sangat sulit untuk mempertahankan konsistensi yang dibutuhkan untuk sukses dalam bidang apapun

Artikel Terkait

Tips Menjaga Motivasi Agar Tetap Tinggi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Like This