Kamis, 10 Desember 2015

Cara Menghindari Stres dan Menemukan Kebahagiaan



Memiliki sikap positif adalah bagian dari cara menghindari ketegangan dan depresi dalam hidup Anda. Cara untuk menemukan kebahagiaan termasuk mengurangi stres dari diri kita sendiri dan bergerak maju ke arah yang lebih baik adalah dengan  sikap positif. Ketika kita berada dalam keadaan stres atau tertekan, kadang-kadang bisa tampak seolah-olah itu tidak akan pernah berakhir. Tapi semuanya berubah seiring waktu. Kita bisa berubah ke arah yang lebih positif dengan waktu cepat melalui tindakan-tindakan kita sendiri, seperti yang disarankan di bawah ini. Tidak peduli dengan hal-hal yang buruk, Anda selalu memiliki harapan untuk menjadi lebih baik dan bahagia. Dan untuk mendapatkan semua itu Anda tidak sendirian karena banyak orang-orang di sekitar Anda yang akan membantu.
1. Konsultasi ke Dokter
Hal ini penting untuk menentukan apakah stres atau depresi yang Anda miliki di sebabkan oleh fisik atau  mental. Kadang-kadang orang mengatakan, "Aku sudah pernah berkonsultasi tapi itu tidak membantu." Saran saya adalah untuk mencoba konselor lain. Tidak setiap konselor cocok untuk kita. Terus berjuang sampai Anda menemukan seseorang yang dapat membantu. Profesional yang tepat dapat membantu, seperti kata Milton Erickson, "It's the patient who does the therapy."" Dengan bimbingan yang tepat, Anda akan dapat melakukan apa yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan kebahagian Anda kembali.
2. Jangan fokus pada masalah sendiri.
Berpikir tentang masalah Anda selama 20 jam sehari tidak akan membantu. Mungkin Anda tidak selalu bisa mendapatkan bantuan, tetapi Anda selalu bisa memberikan bantuan. Ini akan membantu memperbaiki rasa percaya diri Anda sendiri ketika Anda melihat bahwa Anda memiliki kekuatan untuk membantu orang lain. Melakukan hal ini merupakan langkah penting untuk mendapatkan jati diri Anda dan keluar dari masalah Anda  dan terus berjalan menuju arah yang lebih baik. Tidak apa-apa melangkah perlahan yang penting kepala Anda terus bisa tegak dan bergerak maju kea rah yang benar.
Dengan sukarela tidak terlalu fokus pada masalah diri sendiri dan mengajarkan pelajaran instruktif bahwa apapun masalah kita, masih banyak orang lain yang jauh lebih bermasalah. Membantu orang lain juga membangun harga diri karena menunjukkan bahwa kita masih punya kekuatan untuk melakukan sesuatu yang baik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa relawan (membantu orang lain) memiliki kesehatan yang lebih baik dan memiliki rentang hidup lebih lama secara keseluruhan. Arianna Huffington mengatakan bahwa, "When we are engaged in service and volunteering, we are widening the boundaries of our being." Kadang-kadang kita juga bisa mendapatkan beberapa pengetahuan yang mengejutkan untuk diri kita sendiri dengan membantu orang lain.
3. Tertawa
Tertawa juga bisa membantu mengatasi stres yang Anda miliki. Seberapa sering Anda tertawa? Anda bisa menonton film-film lucu, acara televisi, buku, artikel, lelucon dan apa pun yang bisa membuat Anda tertawa. Menghabiskan waktu dengan positif, tertawa bersama teman-teman yang memiliki rasa optimis juga dapat membantu Anda menghilangkan stres.
"Saya percaya bahwa jika orang bisa tertawa lebih banyak dalam hidup mereka, mereka jauh lebih baik," kata Steve Wilson, psikolog dan terapis tertawa. "Mereka juga akan menjadi sehat, Efek dari tertawa dan olahraga sangat mirip, "kata Wilson." Menggabungkan tawa dan gerakan, seperti melambaikan tangan Anda, merupakan cara terbaik untuk meningkatkan detak jantung Anda. "
4. Lakukan saja saat ini
Kadang-kadang depresi dapat melumpuhkan kita ke titik di mana kita tampaknya kewalahan oleh segala sesuatu dan tidak bisa mendapatkan diri kita untuk melakukan sesuatu. Kerjakan saja apa yang bisa di kerjakan saat ini, jangan khawatir tentang esok hari, minggu depan, bulan depan atau tahun depan. Jika Anda mengalami depresi ketika Anda bangun, cuci muka Anda, kemudian sikat gigi, lalu mandi, berpakaian, minum kopi, kemudian mencuci piring, dll, jangan pikirkan hal lain sampai Anda menyelesai semua itu. Kemudian baru putuskan hal apa yang harus di lakukan berikutnya. Setelah beberapa saat Anda akan melihat bahwa Anda tetap aktif dan menyelesaikan sesuatu. 
5. Keluar rumah
Jangan tinggal di rumah. pergilah keluar dan berjalan-jalan, pergi ke mall, ke panti asuhan atau meminta seseorang untuk pergi makan siang atau makan malam dengan Anda. Ini sangat penting untuk tetap sibuk di malam hari, jangan hanya menonton televisi. Baca, menantang diri sendiri, menelepon seseorang, atau melakukan sesuatu yang membuat energy Anda terserap untuk suatu kegiatan positif. Waktu luang bisa menjadi musuh yang nyata ketika kita ditekan oleh kekhawatiran. Banyak orang dapat mengatasi hal-hal di siang hari ketika mereka sibuk, tapi malam hari bisa sangat kesepian. Setiap kali Anda merasa lelah, tidur siang singkat, dan tetap up di malam hari sampai Anda merasa cukup lelah untuk pergi tidur tanpa perjuangan. Tidur membantu.
6. Doa dan Meditasi
Keduanya memberikan kesempatan untuk kita  mendapatkan perspektif lagi. Salah satu atau kedua mungkin dapat membantu.

Artikel Terkait

Cara Menghindari Stres dan Menemukan Kebahagiaan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Like This